Media
baru
Istilah media berasal dari
bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari medium. Secara harfiah berarti
perantara atau pengantar. Pengertian umumnya adalah segala sesuatu yang dapat
menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi.
Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber
informasi kepada penerima informasi. Manfaat media adalah: memudahkan sesorang
untuk memperoleh sesuatu yang di cari,yang biasanya kita cari langsung dari
tempatnya,,kini sudah tidak begitu lagi, kita bisa memesan barang melalui
fasilitas internet ataupun menghubungi customer service. dan juga bagi
mahasiswa dan pelajar adalah penyampaian materi pembelajaran dapat
diseragamkan, proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik, proses pembelajaran
menjadi lebih interaktif, efisiensi dalam waktu dan tenaga, meningkatkan
kualitas hasil belajar siswa, memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di
mana saja dan kapan saja, menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan
proses belajar serta mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan
produktif.
Baru, baru adalah sesuatu yang dapat menciptakan sesuatu inovasi,
ataupun perubahan yang dapat melahirkan sesuatu yang sangat diinginkan orang.
New Media,
mendefinisikan Media Baru sebagai produk teknologi komunikasi dimedia masa
mendatang bersama-sama dengan komputer digital. Sebelum 1980-an media
diandalkan terutama pada media cetak dan analog seperti koran, bioskop
televisi, dan radio. Sekarang kita punya radio televisi, digital dan bioskop, sementara
bahkan mesin cetak telah diubah oleh teknologi digital yang baru seperti
perangkat lunak manipulasi gambar seperti Adobe Photoshop dan alat-alat desktop
publishing.
Media baru
adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer,
atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian
besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital,
seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat,
mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet, website,
komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD
Perkembangan teknologi komunikasi informasi harus diakui memberikan
paradigma baru yang mengubah keseluruhan cara pandang kita tentang berbagai
masalah dan persoalan yang ada di muka bumi ini. Perubahan paradigma ini juga
memengaruhi media massa, termasuk harian ini.
Harus diakui kalau media baru dalam bentuk elektronik yang lalu lalang di
jaringan internet adalah sebuah media informasi masa depan. Harus diakui juga
kalau media baru ini memiliki footprint yang luar biasa menjangkau berbagai
lapisan pembaca dari berbagai kelas, dan akan melampaui jumlah pembaca media
tradisional.
Media baru ini adalah fenomena masa depan. Akan tetapi, sering kali kita
tidak pernah bisa mengerti esensi media baru ini bagi kehidupan kita
sehari-hari dan menjadikannya sebagai ajang “debat kusir” yang berkepanjangan.
Sering kali orang menganggap kalau Ctrl+F $ (perintah forward melalui
aplikasi Outlook) adalah sebuah pekerjaan rutin sehingga tidak lagi terpikir
dampak yang bisa ditimbulkan. Apalagi, e-mail yang diteruskan tersebut menuduh
individu yang bekerja pada harian ini.
Contohnya saja, ada beberapa posting yang justru menyinggung isu
pertelevisian. Kelihatannya televisi memang bagian dari media. Namun, sangat
tidak tepat untuk memasukkan televisi sebagai bagian dari media baru. Media
baru secara sederhana adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia
dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web,
blog, online social network, online forum, dsb yang menggunakan komputer
sebagai media-nya. Jadi, sangatlah tidak tepat untuk memasukkan televisi, radio
apalagi media cetak sebagai bagian dari media baru. Bagi saya, kesalahan
memahami istilah tentu akan membuat kerancuan.
Media baru merupakan istilah yang dipakai
untuk semua bentuk media komunikasi massa yang berbassis tekhnologi komunikasi
dan tekhnologi informasi. Media baru yang memiliki ciri tersebut adalah
internet. Internet adalah jaringan kabel dan telepon satelit yang menghubungkan
komputer (Teori Komunikasi Massa, Vivian,2008;263). Media baru merupakan sebuah
sebutan untuk menjelaskan konvergensi antara tekhnologi komunikasi digital yang
terkomputerisasi serta hubungan ke dalam jaringan.
Ciri media baru internet menurut Denis Mc
Quail (Teori Komunikasi Massa, Salemba, 2011;150). Pertama, internet tidak
hanya berkaitan dengan produksi dan
distribusi pesan, tetapi juga dapat disetarakan dengan pengolahan, pertukaran,
dan penyimpanan. Kedua, media baru merupakan lembaga komunikasi publik dan
privat, dan diatur (atau tidak) dengan layak. Ketiga, mereka tidak seteratur
sebagaimana media massa yang profesional dan birokratis.
Terdapat perbedaan signifikan yang menekankan
fakta bahwa hubungan media baru dengan media massa adalah pada penyebarannya
yang luas, secara prinsip tersedia untuk semua jenis komunikasi, dan setidaknya
bebas dari kontrol. Bila sebelumnya masyarakat mengenal media konvensional
(media cetak, radio, televisi, film), kini telah diperkenalkandengan media baru
(internet).
Internet telah mengubah cara orang
berkomunikasi, cara mendapatkan berita dan informasi, serta cara membaca berita
dimedia cetak, melihat gambar di majalah, mendengar radio, dan menonton program
televisi. (Ishadi, manejemen media massa, 2010;129).
Pada intinya media baru tidak mengubah
mekanisme kerja para profesional yang bekerja pada media massa, yang berubah
hanya dalam penyampaian pesan yang sudah menggunakan dengan digitalisasi.
PERBEDAAN MEDIA TRADISIONAL DAN MEDIA BARU
|
Tingkat
|
Bentuk Tradisional
|
Penerapan Tekhnologi
|
|
Antar Personal
|
Tatap muka, surat, dan telepon
|
Telepon, hubungan kelompok pribadi, surat elektronika, voicegram
|
|
Kelompok
|
Tatap muka
|
Konferensi telepon, telekomunikasi telepon
|
|
Organisasi
|
Tatap muka, memo, intercom, telepon, pertemuan
|
Konfirmasi telepon, surat elektronika, menejemen dengan bantuan
computer, sistem informasi, faksimili
|
|
Publik
|
Surat kabar, majalah, buku, televisi, radio, film
|
Vidio tipe, vidio disk, TV kabel, TV Satelit Langsung,
vidioteks, teleteks, sistem informasi digital
|
Menurut (Adiputra, Manajemen Media Massa,
2010:142) ada empat ciri dari media baru yaitu:
1. Komunikasi yang termediasi melalui komputer
2.
Jaringan
komunikasi
3.
Pesan
yang terdegitalisasi
4. Semua pesan media menjadi konvergen.
Ciri
tersebut terdapat pada media cetak (surat kabar majalah, tabloid) atau
elektronik (radio, televisi, film), karena media tersebut dapt beroperasi
sesuai dengan fungsinya masing-masing. Fungsi dari media tersebut tidak saling
mendukung satu sama lain, bahkan dalam konteks ekonomi, masing-masing media
tersebut bersaing untuk meraih audiens dan pengiklan. Sehingga televisi, film,
majalh, buku, surat kabar, dan jenis media cetak lain disebut media konvensional.
Media bartelah membuat bentuk komunikasi massa mengalami perubahan. Ada enam perubahan utama yang
berkaitan dengan munculnya media baru (Denis Mc Quail, 2011:153), antara lain:
1. Digitalisasi dan konvergensi atas segala aspek
media
2. Interaktifitas dan konektifitas jaringan yang
makin meningkat
3. Mobilitas dan delokasi untuk mengirim dan
menerima
4. Adaptasi terhadap peranan publikasi dan
khalayak
5. Munculnya beragam bentuk baru pintu (gateway)
media
6. Pemisahan dan pengaburan dari lembaga media
Lima katagorimedia
baru yang sama-sama memiliki kesamaan saluran tertentu dan kurang lebih
dibedakan berdasarkan jenis penggunaan, konten, dan konteks.
v Media komunikasi antar pribadi (interpersonal
communikation media) meliputi telepon dan elektronik. Secara umum, konten
bersifat pribadi dan mudah dihapus dan hubungan yang tercipta dan dikuatkan
lebih penting dari pada informasi yang disampaikan.
v Media permainan interaktif (interaktive play
media) media ini berbasis komputer dan vidio game, ditambah peralatan realitas
virtual. Inovasi utamanya terletak pada interaktifitas dan mungkin dominasi
dari kepuasan proses atas penggunaan.
v Media pencarian informasi (information search
media) ini adalah kategori yang luas, tetapi internet merupakan contoh yang
paling penting yang dianggap sebagai perpustakaan dan sumber data yang ukuran,
aktualitas, dan aksesibilitasnya m pernah ada sebelumnya.
v Media partisipasi kolektif (collective
participatory media) kategori ini meliputi penggunaan internet untuk mengembangkan
hubungan pribadi aktif.
v Substitusi media peluran (substitutions of
broadcasting media) acuan utamanya adalah penggunaan media untuk menerima
mengunduh konten di masa lalunya biasanya disiarkan atau disebarkan dengan
metode lain yang
serupa. Menonton film dan televisi atau mendengarkan radio dan musik adalah
kegiatan utama. (Mc Quail. 2011:156-157)
Sedangkan Jim Macnamara menjelaskan bahwa media baru bukan mengenai
meletakkan surat kabar, majalah, radio, dan televisi diluar bisnis. Tetepi
saluran baru komunikasi menjadi semakin populer dan menawarkan alternatiif
disamping media tradisional. Lebih jauh lagi Machnamara menjelaskan bahwa media
baru meliputi:
1. TV kabel yang menggunakan kabel seret optik
yang memberikan lebar pita lebih besar. Ini dapat memindahkan sampai 500
saluran informasi yang terentang dari vidio dan permainan sampai data komputer.
Sebagian besar lebar pita ini akan digunakan dengan membayar saluran televisi
yang meliputi sederetan topik dan bidang kepentingan.
2.
Saluran
siaran khusus baru. Disejumlah negara, otoritas pengatur komunikasi sedang
mempertimbangkan mengalokasikan kembali spectrum frekuensi UHF dan VHF bagi
saluran khusus seperti layanan kesehatan atau informsi masyarakat. Ini
menawarkan peluang baru bagi beberapa perusahaan dan organisasi.
3.
Saluran
transmisi khusus. Tampilan dimulai dengan menyajikan informasi keuangan melalui
terminal komputer yang dihubungkan ke modem, tetapi telah memperluas layanannya
meliputi wawancara audio dan vidio yang merupakan transmisi-transmisi saluran
TV kabel. Tampilan adalah contoh saluran transmisi baru yang menjangkau audiens
sasaran penting.
4.
Presentasi
multimedia pada disket atau semakin meningkat, CD-ROM. Multimedia dapat
meliputi teks, grafik, bagan, foto, suara, dan klip video.
5.
Internet.
Internet adalah jaringan luas jaringan komputer yang tealh membelitkan dirinya
disekeliling bumi yang menghubungkan berjuta-juta orang. Secara teknis,
internet adalah media besar di dunia, meskipun hanya ada metode dasar untuk
mengukur berapa banyak orang dihubungkan dan mengakses informasi pada suatu
waktu.
Internet
menawarkan komunikasi melalui:
a. Surat elektronik
b. Kelompok berita yang merupakan kelompok
elektronik di mana siapa saja dapat menyiarkan pendapat dan pandangannya.
c. Word Wibe Web, merupakan wilayah internet yang
mendukung suara, video, dan grafik bermutu tinggi, yang mengantarkan menjadi
saluran populer bagi pemasangan iklan dan penerbitan elektronik.
6. Layanan on-line komersial seperti CompuServe
dan American On Line yang menawarkan sederetan layanan informasi khusus kepada
pelanggan.
Media
baru memperluas fungsi media dari sekedar memberi informasi, menghibur, dan
mendidik, menjadi pembentukan budaya yang partisipatif dan intelektualitas
kolektif.
Perbedaan media baru dan media konvensional
menurut Rachmat Kriyanto:
a. Desentralisasi. Diartikan sebagai pusat
informasi tidak lagi pada pemasok komunikasi. Setiap individu, kelompok,
institusi bisa menjadi pemasok kominikasi. Individu bisa membuat web sendiri,
begitu pula dengan institusi.
b. Kemampuan tinggi. Dalam arti tidak terjadi
hambatan komunikasi disebabkan oleh pemancar sinyal karena lewat satelit atau
kabel.
c. Timbal balik. Dalam arti ada interaksi
langsung antara sumber dengan penerima.
d. Kelenturan atau fleksibilitas pada bagian isi,
bentuk atau penggunaannya.
e. Menyediakan fasilitas komunikasi impersonal
dan personal sama baiknya.
Kesimpulan
Media baru adalah istilah yang dimaksudkan untuk
mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan
komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan
sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat
dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak.
Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan
komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku,
atau publikasi berbasis kertas.
Mantap gan
BalasHapusBetfair Casino & Hotel - Mapyro
BalasHapusFind your way around the casino, 안동 출장안마 race and sports betting 서귀포 출장샵 floors in the world's 이천 출장마사지 largest community. 시흥 출장마사지 A place 김제 출장마사지 where sports betting has never been better than at Betfair!